Cara Memakai Lensa Kontak yang Benar

Lensa kontak atau Softlens adalah lensa yang tipis dan memiliki bentuk melengkung/cembung. Lensa mata ini nantinya yang akan menutupi permukaan mata. Saat ini, lensa kontak banyak digunakan bukan saja untuk kecantikan, namun juga untuk alasan kesehatan. Itulah mengapa bila saat ini ada jutaan orang di seluruh dunia yang menggunakan lensa kontak, terutama untuk mengganti fungsi kaca mata pada penderita mata minus.

Cara Memakai Lensa Kontak yang benar - menjadi sehat

Namun, terkadang tidak sedikit pengguna lensa kontak yang tidak mengerti pemakaian lensa mata ini dengan benar. Untuk itu, pada kesempatan kali ini Anda diajak untuk mengetahui sedikit tips cara menggunakan lensa kontak atau lensa mata dengan benar.


1. Lama Waktu Pemakaian Softlens

Gunakan softlens sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh dokter. Bila Anda menggunakan lensa sekali pakai, maka gunakan sekali, lalu buang. Jangan menggunakannya lagi walau lensa kontak masih terlihat segar/bagus. Jangan pula memakai lensa mata saat malam atau hendak tidur, bila memang jenis lensa kontak yang digunakan bukan untuk itu. Bila memaksakan menggunakan lensa kontak mata untuk tidur, risiko infeksi terhadap mata anda akan semakin tinggi.

2. Sebelum Menyentuh Lensa Kontak

Selalu cuci tangan sebelum memegang lensa kontak atau tempat penyimpanannya. Hindari mencuci tangan dengan sabun yang memiliki kadar minyak atau mempunyai kadar wangi, gunakanlah sabun khusus. Keringkan tangan menggunakan handuk bebas serat setelah dicuci. Bila menggunakan pelembab, maka tunggu hingga benar-benar kering, untuk menghindari residu yang dapat melekat pada tangan kita yang bisa berpindah ke lensa kontak mata.
Cara Menggunakan Lensa Kontak yang benar harus cuci tangan - menjadi sehat

3. Proses Menempatkan Lensa Kontak di Mata

Selalu hati-hati untuk menempatkan lensa kontak kanan di mata kanan, dan lensa kontak kiri di mata kiri, jangan sampai tertukar. Gunakan jari telunjuk untuk menempatkan lensa kontak. Tempatkan lensa kontak tepat di atas iris mata. Jangan lupa untuk membilas lensa dengan cairan yang sudah direkomendasikan dokter anda.

4. Cara Melepas Lensa Kontak dari Mata

Pertama cuci dahulu tangan Anda. Untuk menarik lensa kontak, lakukan gerakan dari atas ke bawah atau ke samping. Lakukan dengan lembut dan perlahan. Selain menggunakan jari telunjuk, gunakan juga ibu jari. Selain itu, cobalah untuk melihat selalu keadaan mata Anda. Bila mata memerah, maka sebaiknya lensa kontak segera dilepas.

5. Cara Membersihkan dan Menyimpan Lensa Kontak

Alur pembersihan lensa kontak pada dasarnya sederhana, yaitu pembersihan, pembilasan, penggunaan disinfeksi, dan penyimpanan. Beberapa produk biasanya memisahkan antara tempat, pembersih, dan pembilas. Selain itu, menurut penelitian sebaiknya lensa mata digosok menggunakan alat dan cairan khusus daripada hanya dibilas. Sedangkan cairan yang umum dipakai untuk membasahi softlens adalah hidrogen peroksida.

Cara Memakai Lensa Kontak jangan terbalik kanan dan kiri - menjadi sehat

6. Cegah Lensa Kontak Terkena Air

Jangan gunakan air keran untuk mencuci lensa kontak mata anda. Mengapa? Karena mikroba yang terdapat di air bisa melekat di lensa kontak dan bila terkena mata bisa menyebabkan infeksi mata yang berat. Bahkan jika bisa, hindari menggunakan lensa kontak ketika sedang di kamar mandi, apalagi sampai memasukkannya ke dalam mulut, atau membasahi lensa kontak dengan air biasa.

Cara Memakai Lensa Kontak mata yang benar tanpa iritasi mata - menjadi sehat

7. Remaja dan Fenomena Softlens

Para remaja diperbolehkan untuk menggunakan lensa kontak dan bisa dipakai ketika sedang belajar. Hanya saja, mereka harus diajarkan cara menggunakan lensa kontak yang baik dan benar. Pilihan lensa kontak yang tepat untuk para remaja adalah yang sekali pakai, sehingga tidak perlu membersihkan atau merawat lensa kontak. Selain itu, ajarkan agar lensa tidak dicoba bergantian dengan temannya, dan segera lakukan pemeriksaan pada dokter bila terjadi masalah atau iritasi pada mata anda.

8. Olahraga Menggunakan Lensa Kontak

Lensa kontak jarang sekali goyang atau terjatuh meski Anda gunakan saat berolahraga. Lensa juga umumnya jernih, sehingga tidak akan mempengaruhi penglihatan mata kita. Namun sebaiknya hindari penggunaan lensa kontak saat Anda sedang berenang, terlebih bila berenang di danau atau kolam renang umum. Meskipun anda berenang menggunakan kaca mata khusus yang kedap air, kemungkinan infeksi masih ada bila anda memaksakan berenang menggunakan softlens.

Jangan Memakai Lensa Kontak mata untuk berenang - menjadi sehat

9. Hindarkan Softlens dari Sinar UV

Sebaiknya hindari mata yang sedang memakai lensa kontak dari sinar matahari (UV) secara langsung. Pilihlah kacamata yang dapat menghalangi 99% mata dari sinar UV, semisal kacamata yang berwarna hitam. Namun perlu diingat, jangan gunakan kacamata kesehatan secara bersamaan ketika anda sedang menggunakan lensa mata, ini dimaksudkan agar mata tidak mudah lelah.

Kesimpulan

Dengan menerapkan Langkah-Langkah Cara Memakai Lensa Kontak, Contactlens, Softlens yang benar di atas, Anda yang sering menggunakan lensa kontak mata bisa lebih berhati-hati, cermat dan teliti, sehingga masalah pada mata, khususnya iritasi serta infeksi mata oleh mikroba bisa dikurangi dan hindari. Penggunaan lensa kontak yang baik haruslah sesuai dengan keadaan dan kebutuhan mata pengguna, janganlah terlalu sering memakai lensa kontak jika hanya untuk gaya-gayaan saja.
Oleh sebab itu, lakukanlah konsultasi rutin dengan dokter mata bila diperlukan.
Salam Menjadi Sehat.

Sumber Rujukan:
http://www.webmd.com/eye-health/ss/slideshow-contact-lens-tips
http://coopervision.com/about-contacts/what-are-contact-lenses