Cara Menyembuhkan Gingivitis secara alami

Salah satu masalah gigi dan gusi yang banyak diidap dan diderita oleh masyarakat Indonesia namun jarang disadari adalah Gingivitis. Pada awal perkembangannya, gingivitis atau radang gusi hanyalah infeksi ringan yang menjangkit pada gusi. Ketika radang gusi tersebut dibiarkan saja tanpa diobati, maka lama-kelamaan membuat infeksi bertambah parah dan bisa menyebabkan masalah yang lebih besar.

Cara Mengobati Gingivitis Secara Alami - menjadi sehat

Secara sederhana, gingivitis hadir dengan gejala-gejala umum sebuah radang, seperti gusi berwarna merah tua, bau, bengkak, barisan gigi terasa sedikit longgar, dan sejenisnya. Untuk mengatasi gingivitis ini, tentunya dibutuhkan penanganan langsung dari doker gigi. Selain itu, Anda juga bisa mencoba ikhtiar untuk menyembuhkannya sendiri dengan menerapkan beberapa cara dan bahan alami yang telah dipercaya mampu mengobati gingivitis pada daftar berikut.

1. Cengkeh

Seperti yang kita ketahui bersama, cengkeh merupakan bahan alami yang bukan saja terkenal sebagai bumbu dapur yang dapat membuat masakan terasa lebih lezat, namun juga bisa dibuat sebagai obat herbal untuk gingivitis/radang gusi yang sangat manjur.
Cengkeh sendiri mengandung beberapa senyawa yang bersifat antioksidan, antiseptik, anti-inflamasi, dan analgesik. Dengan manfaat-manfaat tersebut membuat cengkeh cocok untuk membunuh mikroorganisme penyebab gingivitis, serta membantu mengurangi peradangan pada gusi.

Cara Alami Mengobati Gingivitis dengan Cengkeh - menjadi sehat

Untuk penggunaannya, Anda bisa mengonsumsi 2-3 buah cengkeh sebanyak 3 kali sehari dengan cara dikunyah. Selain dikunyah, bisa juga ditumbuk dan digosokkan pada area gusi yang sakit. Jika sudah selesai, Anda bisa mengakhirinya dengan berkumur menggunakan air hangat.

2. Jus Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dipercaya bisa mengobati radang gusi karena terkena infeksi, termasuk dalam hal ini adalah gingivitis. Selain itu, sama seperti cengkeh, jus lemon juga memiliki manfaat antiseptic terhadap radang, sekaligus juga bersifat antibakteri, sehingga bakteri penyebab gingivitis bisa dilawan.

Cara Menyembuhkan Gingivitis Secara Alami dengan jeruk lemon- menjadi sehat

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu membuat jus lemon hangat. Gunakanlah jus lemon tersebut sebagai obat kumur. Setidaknya gunakan jus lemon ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Nanti dengan sendirinya, peradangan gusi akibat gingivitis akan berangsur-angsur membaik. Anda dapat pula menambahkan sedikit garam untuk mengurangi rasa asam dan meningkatkan khasiatnya.

3. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh termasuk ke dalam jenis minyak esensial yang memiliki banyak khasiat. Salah satu sifat yang terkandung di dalamnya adalah antibiotik dan anti-inflamasi. Dari dua sifat ini sudah cukup menjadikan minyak pohon teh sebagai bahan herbal untuk mengatasi masalah-masalah gigi, termasuk juga menyembuhkan gingivitis. Nantinya minyak pohon teh akan membantu mengobati gusi yang teriritasi.

Cara Mencegah Gingivitis Secara Alami dengan Minyak Pohon Teh - menjadi sehat

Untuk cara penyiapannya pun mudah sekali. Anda hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan pasta gigi merk apa saja. Setelah itu aduk hingga tercampur rata, Anda bisa gunakan campuran tersebut untuk digosokkan ke bagian gusi yang radang dan terluka.
Selain itu, saat ini di pasaran juga sudah tersedia gel insant modern yang bisa anda dibeli untuk menyembuhkan gingivitis, sehingga Anda bisa langsung menggunakannya untuk menyikat gigi. Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati untuk tidak menelan minyak pohon teh tersebut, karena pada beberapa orang bisa menimbulkan masalah pencernaan.

4. Daun Jambu Biji

Cara alami mengobati gingivitis selanjutnya adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Pada daun ini terkandung senyawa bernama gaiaverin, yang dipercaya dapat menjadi agen aniplaque. Selain itu, daun jambu biji juga memiliki banyak sifat yang berhubungan dalam meningkatkan proses penyembuhan gingivitis. Di antaranya adalah sifat antimikroba, antioksidan, analgesik, dan anti-inflamasi.

Cara Mengobati Gingivitis dengan Daun Jambu Biji - menjadi sehat

Penggunaannya pun terbilang cukup mudah. Anda bisa langsung mengunyah daun jambu biji yang sudah dicuci bersih. Jika daun jambunya dirasa sudah hancur dan lumer di mulut, Anda bisa memuntahkan ampasnya. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari.

Kesimpulan
Dengan mencoba beberapa cara alami menyembuhkan gingivitis (radang gusi) di atas, semoga Anda atau keluarga yang sedang menderita rasa nyeri yang timbul dari radang gusi bisa diatasi. Sembari mencoba pengobatan-pengobatan alami di atas, Anda juga bisa coba datang ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Salam Menjadi Sehat