Cara Menghilangkan Nafsu Makan dan Ngemil Saat Diet

Melakukan program diet adalah aktifitas yang pasti pernah dilakukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badannya. Tentunya anda pun ingin menurunkan berat badan ketika celana kesayangan anda terasa semakin sesak dan tidak muat lagi di pinggang. Diet dianggap sebagai cara yang tepat sebagai solusi untuk mengatasi berat badan berlebih. Tidak heran bila banyak orang yang melakukan diet karena memang pada dasarnya bentuk tubuh yang ideal menjadi dambaan semua orang.

Cara Menghilangkan Nafsu Makan dan Ngemil Saat Diet-Menjadi Sehat

Menghilangkan Nafsu Makan Saat Diet
Saat melakukan diet, hambatan terbesar yang menyebabkan diet anda gagal adalah nafsu makan dan ngemil yang tidak terkontrol. Oleh karena itu, ada baiknya anda mengetahui cara terbaik untuk menghilangkan dan mengurangi nafsu makan agar diet yang sedang anda jalankan bisa berhasil dan berat badan anda menjadi ideal.

Jangan Melewatkan Waktu Makan
Kadang, beberapa orang sering melewatkan waktu makan demi mengurangi asupan kalori ke dalam tubuh. Hal ini sesungguhnya tidak benar karena nafsu makan tidak bisa ditipu. Sekali anda menunda makan, nafsu makan anda akan semakin bertambah sehingga ketika tiba waktunya makan, anda membalas dendam dengan mengambil porsi yang lebih banyak.
Pastikan anda tidak melewatkan waktu makan meskipun sedang berdiet. Namun, pilihlah menu makanan yang sehat dengan porsi yang tepat untuk diet anda.

Cara Menahan Nafsu Makan dan Ngemil Saat Diet-Menjadi Sehat

1.Ketahui Pemicunya
Selanjutnya, anda juga harus mengetahui faktor pemicu apa yang membuat nafsu makan anda kadang meningkat. Dengan mengetahui pemicunya, akan lebih mudah bagi anda untuk mengontrol, bahkan menghilangkan nafsu makan dan ngemil di saat diet, sekaligus dapat menjaga pola makan anda.
Pemicu nafsu makan dan ngemil bisa diketahui apabila anda mencatat makanan apa yang anda konsumsi selama diet, disertai dengan catatan suasana hati anda saat memakannya. Pola kegiatan dan aktivitas yang anda lakukan juga penting untuk dicatat agar anda bisa mendapatkan solusi terbaik untuk menghilangkan nafsu makan dan ngemil dikala sedang menjalani diet.

2.Tunggu 20 Menit
Pada saat-saat tertentu saat sedang diet, ada kalanya nafsu makan dan ngemil mendadak menjadi tinggi. Misalnya, ketika anda sedang mengalami masalah atau anda sedang mengalami stres berlebih, anda akan cenderung makan lebih banyak makanan daripada biasanya. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menunggu. Anda harus menunggu sekitar 20 menit sebelum anda menyentuh makanan. Dengan begitu, saat tiba waktunya bagi anda untuk makan, nafsu makan anda sudah menurun dan anda bisa memakan makanan dengan porsi yang tepat.

Cara Mengurangi Nafsu Makan dan Ngemil Saat Diet-Menjadi Sehat

3.Minum Air Putih
Pada bagian tertentu di otak manusia kadang keliru mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. Oleh karena itu, anda bisa mencoba meminum segelas air putih saat anda sedang merasa lapar, karena bisa terjadi pada saat diet, rasa lapar yang anda rasakan sebenarnya adalah rasa haus yang disalahartikan oleh otak kita.

4.Mengalihkan Rasa Lapar
Cara terakhir untuk mengendalikan nafsu makan dan ngemil pada saat diet adalah dengan mengalihkannya. Saat anda merasa lapar yang tidak pada waktunya, alihkan rasa lapar tersebut dengan mengunyah permen karet. Selain dapat mengurangi stres, mengunyah permen karet juga bisa mengurangi rasa lapar, karena gerakan mulut mengunyah bisa menimbulkan perasaan kenyang. Permet karet bebas gula bisa menjadi pilihan pengalih lapar anda pada saat diet.

Semoga artikel yang mengulas mengenai Cara Menghilangkan Nafsu Makan dan Ngemil Saat Diet dapat bermanfaat bagi anda.
Salam Menjadi Sehat.