Jenis Penyakit Kulit pada anak dan Cara Mengobatinya

Penyakit kulit adalah salah satu penyakit menular yang sangat dihindari oleh setiap orang, termasuk anak-anak. Terjangkit penyakit kulit pastinya akan sangat mengganggu berbagai aktifitas yang anak lakukan. Selain itu, penyakit kulit ini pastinya akan membuat anak kita merasa tidak nyaman. Kulit yang terkena penyakit bisa berubah warna menjadi putih atau merah dengan disertai timbulnya rasa gatal.
Jenis Penyakit Kulit pada anak dan Cara Mengobatinya-Menjadi Sehat

Pada faktanya, sampai saat ini terdapat banyak jenis/macam penyakit kulit yang dapat menyerang kulit manusia, khususnya pada anak-anak. Penyakit kulit ini berbeda-beda level gejala dan akibat yang ditimbulkannya, mulai dari yang ringan hingga penyakit kulit yang belum ditemukan obatnya. Beberapa hal bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit kulit pada anak, salah satu penyebab terjadinya penyakit kulit adalah infeksi jamur dan bakteri.

Jenis-Jenis Penyakit Kulit pada anak dan Cara Mengobatinya

Berikut ini adalah macam-macam penyakit kulit yang sering kita temui menyerang kulit anak/bayi/balita, disertai dengan gambar serta cara mengobatinya.

1. Panu pada Anak
Panu adalah penyakit kulit yang paling sering ditemukan dan diderita hampir 40% dari populasi manusia. Penyakit kulit ini mempunyai gejala/ciri khas, yaitu kulit yang terkena panu akan berwarna agak keputihan membentuk pola lingkaran atau oval, sehingga membuatnya mudah dikenali. Penyakit kulit (panu) ini disebabkan oleh infeksi jamur. Akibat dari panu adalah area kulit yang terkena panu akan terasa gatal, dan penyakit kulit ini mudah sekali menyebar jika tidak segera diobati.

Penyakit Kulit Panu pada anak dan Cara Mengobatinya-Menjadi Sehat
 
Cara mengobati penyakit kulit jenis ini cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan krim/salep obat panu yang banyak dijual di apotek. Penyakit kulit ini memang tidak berbahaya untuk anak, namun dapat merusak penampilan dan membuat anak merasa tidak nyaman.

2. Cacar Air pada Anak
Tubuh anak yang terkena penyakit kulit ini (cacar air) akan mengalami demam ketika penyakit kulit ini menyerang. Setelah demam melanda, selanjutnya di permukaan kulit anak akan muncul bintik-bintik merah yang menyebar dengan cepat. Bintik-bintik ini bentuknya bulat kecil dan bagian dalamnya berisi cairan seperti air.
Penyakit kulit jenis ini akan menimbulkan bekas saat sudah sembuh. Jika ingin kulit kembali seperti semula, jangan pernah biarkan anak anda menggaruk bintik-bintik ini, karena akan meninggalkan noda hitam di kulitnya. Bintik-bintik ini akan mengering dan hilang setelah beberapa hari.

Penyakit Kulit Cacar Air pada anak dan Cara Mengatasinya-Menjadi Sehat

Untuk cara penyembuhan penyakit kulit jenis ini, cukup dengan memperbanyak waktu istirahat, mengkonsumsi vitamin, dan memeriksakan anak ke dokter. Beberapa jenis buah-buahan pun dapat menjadi alternatif obat unutk mempercepat hilangnya bintik-bintik cacar ini. Agar bintik-bintik ini tidak meninggalkan bekas hitam di kulit, selain tidak menggaruknya adalah dengan mengolesi minyak tawon pada kulit anak anda ketika bintik-bintik ini sudah mulai mengering.

3. Campak pada Anak
Penyakit kulit dengan nama campak ini disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh anak-anak. Penyakit kulit ini hampir mirip dengan cacar air, dimulai dengan gejala demam tubuh dan batuk. Setelah itu akan muncul bercak-bercak merah di permukaan kulit. Waspadalah dengan penyakit ini, karena penyakit kulit campak akan dengan mudah menular kepada orang-orang yang kontak fisik (bersentuhan) dengan penderitanya.

Penyakit Kulit Campak pada anak dan Cara Mengatasinya-Menjadi Sehat

Untuk membantu proses penyembuhan dan pemulihan penyakit campak pada anak, penderita diharuskan untuk banyak beristirahat dan mengkonsumsi makanan dengan gizi dan serat yang tinggi. Selain itu, berikan imunisasi dalam bentuk kombinasi campak-gondongan-rubela (MMR) pada anak usia 15 bulan, selanjutnya imunisasi MMR dapat diberikan kembali pada saat usia anak sudah mencapai 6 tahun.

4. Eksim pada Anak
Penyakit kulit ini hanya menyerang di beberapa daerah tertentu pada kulit anak. Gejala dari penyakit eksim ini adalah kulit akan menjadi merah, kering, dan kadang-kadang seperti bersisik. Penyakit kulit ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Selain itu, jika anak anda terserang penyakit kulit eksim, kulitnya telapak tangannya pun akan menjadi sangat sensitif dengan cuaca. Salep pelembab kulit bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengobati dan menyembuhkan kulit anak yang kering akibat penyakit eksim.
Penyakit Kulit Eksim pada anak dan Cara Penyembuhannya-Menjadi Sehat

Itulah tadi artikel mengenai Jenis-Jenis Penyakit Kulit pada anak dan Cara Mengobatinya. Keempat penyakit kulit yang dibahas di atas adalah penyakit kulit kategori ringan, ada juga penyakit kulit dengan kategori berat yang sampai belum ditemukan obatnya, seperti penyakit kulit Psoriasis dan kanker kulit.
Menjaga kebersihan tubuh anak dengan mandi teratur menggunakan sabun adalah salah satu cara pencegahan agar bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit kulit.
Salam Menjadi Sehat.