Sayuran Pencegah Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes

Manfaat sayur-sayuran bagi kesehatan tubuh sangat banyak sekali. Meski banyak orang yang sudah mengetahui manfaat sayuran untuk kesehatan, tapi tak sedikit orang yang mengabaikannya, bahkan sampai ada orang yang membenci sayuran. Nah, untuk mendorong keluarga kita agar mau mengkonsumsi sayuran secara rutin, di laman ini akan dibahas manfaat sayuran untuk kesehatan tubuh, khususnya manfaat sayuran untuk mencegah/menangkal berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti diabetes, kanker, stroke dan juga penyakit jantung.

Sayuran Pencegah Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes-Menjadi Sehat

Sayuran untuk Mencegah Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes

1. Sayuran untuk Mencegah Penyakit Jantung
Ini adalah salah satu manfaat sayuran bagi kesehatan. Tidak perlu diragukan lagi, penyakit Jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Jumlah penderitanya semakin meningkat, dan jumlah orang yang meninggal karena penyakit Jantung pun meningkat pula setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena meningkatnya berbagai macam pemicu penyakit jantung, seperti: polusi udara, merokok, mulai ditinggalkannya gaya hidup sehat, dan lain-lain.

Sayuran Pencegah Penyakit Jantung-Menjadi Sehat

Nah, penyakit jantung ini sebenarnya bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Salah satu makanan yang banyak mengandung serat adalah sayuran. Serat dari sayuran akan mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh kita. Umumnya, hampir semua sayur-sayuran mengandung serat, namun beberapa sayuran yang mengandung serat terbaik adalah bayam, lobak hijau, brokoli, tomat, dan bit hijau.

2. Sayuran untuk Mencegah Penuaan Tulang
Satu lagi manfaat sayuran untuk kesehatan. Penyakit penuaan tulang seperti osteoporosis dan pengapuran tulang juga dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi sayuran. Tulang membutuhkan kalsium agar tetap kuat dan kokoh hingga usia tua. Nah, kalsium juga banyak terdapat pada sayur-sayuran.

Sayuran Pencegah Osteoporosis-MenjadiSehat.com

Sayuran pencegah penyakit penuaan tulang adalah brokoli, kangkung, dan kubis, karena sayur-sayuran tersebut mengandung cukup banyak kalsium. Bila sering mengkonsumsi sayuran-sayuran yang mengandung kalsium, maka dapat dipastikan risiko anda terkena penyakit penuaan tulang akan berkurang.

3. Sayuran untuk Mencegah Kanker
Penyakit kanker tentu sangat familiar di telinga anda. Penyakit ini termasuk ke dalam trio penyakit pembunuh di dunia, bersama dengan penyakit jantung dan penyakit stroke. Penyakit kanker juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi sayuran-sayuran yang mengandung banyak serat.

Sayuran Pencegah Sel Kanker-MenjadiSehat.com

Manfaat sayuran untuk kesehatan sebagai penangkal penyakit kanker bisa anda dapatkan jika anda rajin mengkonsumsi wortel dan bayam. Selain itu, sayuran lain yang dapat mencegah penyakit kanker adalah paprika merah. Semua gizi/serat dalam wortel, bayam, dan paprika merah sangat baik untuk memerangi sel-sel pembentuk kanker.

4. Sayuran untuk Mencegah Diabetes
Penyakit Diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Penyakit diabetes ini bisa sangat mematikan jika tidak segera ditangani, namun jangan khawatir karena cukup banyak sayuran yang dapat mencegah penyakit ini. Maka, rajin-rajinlah mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak serat untuk mencegah diabetes semakin parah. Karena serat dalam sayuran dan buah dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh dengan memperlambat penyerapan gula. Sayuran penangkal penyakit diabetes di antaranya adalah bayam, wortel, brokoli, lobak hijau, dan lain-lain.

Sayuran Pencegah Penyakit Diabetes-MenjadiSehat.com

Tentu, masih banyak lagi Manfaat Sayuran sebagai Pencegah Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes. Di antaranya adalah mencegah terkena gangguan sulit BAB alias sembelit, membuat kulit wajah lebih kencang dan berseri, sekaligus menyehatkan serta menyuburkan rambut.
Itulah tadi ulasan mengenai Manfaat Sayur-Sayuran sebagai Pencegah Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes.
Salam Menjadi Sehat.