Macam-macam Alergi dan Pencegahannya

Banyak dari kita yang mempunyai riwayat alergi, entah itu alergi obat, makanan ,atau sesuatu yang dapat memicu terjadinya alergi. Alergi adalah suatu respon tubuh yang beraksi secara berlebihan dari sistem pertahanan alami tubuh sehingga tubuh sangat rentan terhadap berbagai hal dalam lingkungannya serta dengan berbagai bahan yang masuk kedalam tubuh. Tingkat alergi seseorang berbeda dengan orang lain karena tergantung pada respon tubuh itu sendiri. Disaat suatu alergen masuk kedalam tubuh akan meningkatkan kadar imunoglobulin E atau IgE yang kemudian memicu sel darah putih untuk menghasilkan zat lain seperti histamin yang akan menyebabkan gejala alergi.
Gejala alergi ada yang ringan ada juga yang berat tergantung seseorang yang mengalaminya. 



Beberapa alergi yang sering kita jumpai antara lain:

1. Alergi obat.

Sering kita ditanya oleh petugas kesehatan atau dokter yang akan memberi kita obat apakah ada alergi obat tau tidak, karena penting untuk kita diberi resep yang sesuai dengan keadaan tubuh kita. Reaksi yang dapat muncul jika alergi terhadap salah satu jenis obat adalah terjadinya pembengkakan pada anggota tubuh, gangguan pernapasan dan masih banyak lagi. Jika pernah kita meminum obat dan terjadi reaksi yang timbul, berarti bisa dikatakan kita alergi terhadap obat tersebut.

2. Alergi debu.

Alergi debu bisa terjadi pada seseorang yang memang punya riwayat alergi. Jika seseorang yang alergi terhadap debu maka ketika dia terpapar debu tersebut dapat mengakibatkan sesak nafas seperti asma karena terjadi penyempitan cabang saluran paru-paru dan meningkatnya cairan diparu-paru, dan itu berakibat napas menjadi pendek.Untuk pencegahannya kita bisa menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari terlalu banyak barang didalam rumah agar tak banyak debu dalam ruangan.



3. Alergi serbuk sari. 

Udara disekitar kita terkadang membawa banyak polusi dan mampu menimbulkan alergi pada seseorang. Udara yang terhirup terkadang bisa membawa serbuk sari dari berbagai bunga dan jika kita alergi terhadap serbuk sari, tentu akan cepat merasakan reaksi alergi seperti bersin-bersin, mata merah dan gatal-gatal.

4. Alergi makanan.

Alergi makanan adalah reaksi yang ditimbulkan oleh tubuh jika tubuh merasa asing dengan sesuatu yang masuk kedalamnya. Reaksi yang ditimbulkan dari alergi makanan adalah muntah, diare, nyeri abdomen, gatal-gatal dan kulit membengkak. Untuk pencegahan hindarilah makanan yang memicu terjadinya alergi, salah satunya adalah makanan laut yang punya pengaruh besar terjadinya alergi.

5. Alergi gigitan serangga.

Tubuh kita juga bisa merasakan alergi jika tergigit oleh serangga. Reaksinyapun bermacam-macam tergantung kondisi orang yang digigit dan tingkat alerginya. Jagalah kebersihan agar rumah bersih bebas dari serangga.

Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam alergi pada tubuh kita yang belum kita bahas disini. Resiko alergi bisa didapat oleh seseorang karena adanya riwayat alergi pada keluarga atau faktor keturunan misalnya salah satu orang tua kita mempunyai riwayat alergi, kita sebagai anak akan berisiko alergi sebanyak 20 sampai 40 persen, apalagi jika kedua orangtua kita alergi, tingkat alergi naik menjadi 60 sampai 80 persen dan bisa juga 15 persen, karena alami dari tubuh kita sendiri. 

Konsultasilah dengan dokter spesialis jika memang kita merasa kondisi alergi kita termasuk dalam kondisi yang berat. Jauhkan tubuh kita dari berbagai polutan dan alergen yang dapat membuat kita tidak nyaman dibuatnya.