Makanan dan Minuman yang Harus Dijauhi saat Anda Mengkonsumsi Antibiotik

Tentunya kita pernah bukan diberikan oleh dokter untuk meminum obat antibiotik, untuk mengobati beberapa penyakit yang memang diharuskan menggunakan antibiotik dalam penyembuhan. Mungkin anda pernah mendengar beberapa pantangan saat kita sedang meminum obat. Terkadang ada berbagai cara untuk kita meminum obat, sebenarnya cara paling baik untuk meminum obat adalah dengan menggunakan air putih. Namun ada sebagian orang yang terkadang kurang paham tentang cara meminum obat  dan sebenarnya makanan dan minuman apa yang semestinya dijauhi saat kita sedang meminum obat terutama saat kita mengkonsumsi obat jenis antibiotik.



Makanan dan minuman yang dilarang untuk dikonsumsi saat kita meminum antibiotik:

1. Suplemen kalsium dan zat besi.
Saat kita diharuskan mengkonsumsi obat secara bersamaan, haruslah kita tahu bagaimana pengaruhnya jika diminum saat bersamaan. Jika kita sedang meminum antibiotik dan dibarengi dengan suplemen kalsium dan zat besi maka akan mengganggu penyerapan antibiotik. Berilah jeda waktu untuk meminumnya, sebaiknya beri selisih 3 jam untuk meminum suplemen tadi.

2. Makanan berserat.
Terkadang kita memang dibuat bingung saat kita sedang mengalami gangguan kesehatan apalagi jika kita menderita penyakit komplikasi. Satu sisi kita diharuskan mengkonsumsi makanan jenis A dan disisi lain kita harus menghindari makanan tersebut. Namun jika anda mendapati obat antibiotik dalam anjuran dokter maka lebih baik anda menjauhi makanan yang banyak mengandung  serat dikarenakan dapat melambatkan proses peyerapan makanan dan tentu hal itu akan menghambat juga proses penyerapan pada antibiotik tadi.

3. Minuman beralkohol.
Saat kita meminum antibiotik diharuskan menghindari minuman yang mengandung alkohol, karena menimbulkan efek samping pada masalah pencernaan dan menyebabkan pusing.
  
4. Susu.
Sebagian orang pasti sudah tahu bahwa kita memang harus menghindari minum susu saat kita meminum antibiotik. Susu atau sejenisnya bisa mempengaruhi efek dari antibiotik. Obat antibiotik ini memang memiliki efek samping yang dapat menyebabkan diare.

5. Jeruk.
Hindarilah makanan yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, tomat, minuman kemasan dan lainya yang cenderung memiliki rasa asam karena dapat  mempengaruhi proses penyerapan antibiotik dan dapat menghambat proses penyembuhan.


Maka dari itu perlu kita ketahui hal-hal yang dapat menghilangkan efek dari obat yang sedang kita minum sehingga saat kita meminum obat tidak sia-sia dan dapat memberi penyembuhan secara optimal.