Mengenali Tanda Penyakit Melalui Mata


Seperti yang kita tahu bahwa tubuh kita bekerja saling berkaitan satu sama lain sehingga jika terjadi sesuatu masalah pada satu organ maka banyak organ lain yang bisa kena imbasnya. Contonya adalah mata, mata merupakan organ tubuh yang terlihat jelas dari luar namun mata ini sanggup memberi gambaran adanya penyakit lain didalam tubuh yang sedang terjadi. Maka jika tiba-tiba saja mata kita mengalami masalah tanpa adanya rangsangan dari luar maka kita perlu mewaspadainya, jangan terlalu meremehkan sesuatu hal yang berhubungan dengan kesehatan meskipun terlihat sepele namun cobalah untuk mencari tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, berikut beberapa gejala penyakit yang menyerang tubuh dan dapat dilihat tandanya hanya dengan memperhatikan mata sebagai acuannya.


Mengenali tanda adanya penyakit melalui mata.

1. Kelopak mata memucat.
Hal ini mungkin sering kita dapati pada mata kita karena tanda dari kelopak mata yang memucat adalah kita mempunyai masalah kesehatan yang disebut anemia atau kurang darah. Hal ini bisa terjadi ketika kita kekurangan pasokan zat besi dalam tubuh. Minumlah suplemen tambahan zat besi untuk mengatasinya. Namun anda juga perlu berhati-hati karena kelopak mata yang pucat juga merupakan tanda adanya pendarahan internal, periksakan kedokter untuk lebih jelasnya.
2. Mata kuning.
Bagian putih dari mata anda berubah menjadi kuning itu berarti ada masalah serius pada organ hati anda. Organ hati dan sirosis dapat mengubah bagian tubuh anda yang berwarna putih menjadi kuning. Itu terjadi akibat bilirubin yaitu zat kimia yang ada karena pecahnya hemoglobin yang bekerjaa membawa oksigen kedalam sel darah merah. Lekaslah periksakan keadaan anda kedokter sebelum terlambat, karena hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita yang harus kita jaga kesehatannya.
3. Mata merah.
Jika anda mendapati mata anda tiba-tiba berwarna merah tanpa tahu penyebabnya maka bisa jadi ini merupakan kondisi yang menandakan bahwa anda memiliki tekanan darah tinggi. Akibat tekanan darah tinggi menjadikan pembuluh darah muncul dan mengakibatkan mata anda berwarna merah. Dan jika tidak diatasi hal ini dapat berakibat pada resiko stroke.


4. Terdapat cincin di iris mata.
Jika anda menemukan tanda ini yaitu dimana terdapat cincin berwarna putih diarea iris pada mata anda maka bisa ditafsirkan bahwa tubuh mempunyai pasokan kolesterol yang berlebihan. Segera cek kolesterol anda dan lakukan pencegahannya.
5. Mata kuning di bagian belakang.
Mata anda berwarna kuning pada bagian belakang dan seperti air mata kecil pada retina itu adalah tanda bahwa diabetes tipe 2 sedang melanda. Sehingga anda perlu mengantisipasinya dengan mengurangi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung gula buatan.
6. Mata terlihat menonjol.
Tentunya kita pernah melihat seseorang dengan mata tampak keluar atau menonjol, hal itu terjadi akibat tingkat hormon tiroid yang bekerja terlalu aktif sehingga menyebabkan jaringan pada area mata membengkak.


Nah itu dia tadi beberapa penyakit yang dapat kita ketahui gejalnya dengan perubahan yang terjadi pada mata, sehingga kita bisa mencegah suatu penyakit sebelum bertambah parah. Jangan menyepelekan kesehatan kita karena seperrti yang kita tahu bahwa kesehatan itu mahal harganya.