8 Makanan Sehat Untuk Jantung Sehat

Jantung memang dikenal sebagai penyakit mengerikan yang mengancam siapa saja dan penyakit jantung memang dikenal sebagai penyakit pembunuh nomor satu. Sebenarnya penyebab penyakit jantung ini dikarenakan kurangnya kesadaran untuk hidup sehat, padahal dengan mengetahuai cara agar kita terbebas dari penyakit ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi kita dalam menjaga kesehatan organ penting dalam tubuh kita ini. Dalam pencegahan penyakit jantung bisa diambil dari pola hidup kita sehari-hari cobalah untuk berolahraga secara teratur dan yang paling penting adalah menjaga asupan makanan kita sehari-hari apakah makanan yang kita makan merupakan jenis makanan yang sehat untuk jantung apa malah sebaliknya justru akan merusak kesehatan jantung kita. 



Konsumsilah makanan yang kaya akan serat, dan memiliki kandungan nutrisi yang baik serta hindarilah makanan yang banyak mengandung lemak jahat. Dan untuk anda yang ingin menjaga kesehatan jantung anda kami rekomendasikan beberapa makanan sehat yang memang baik untuk kesehatan jantung kita, seperti yang akan kami sebutkan di bawah ini:

8 Makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

1. Oatmeal.
Oatmeal merupakan makanan yang banyak mengandung serat larut yang dapat menjaga kadar kolesterol. Oatmeal bekerja menurunkan kolesterol dengan menyerapnya serta menyaringnya sehingga tidak sampai di serap didalam aliran darah. Disarankan untuk menghindari oatmeal instan karena kebanyakan mengandung gula. Bisa juga untuk mengkonsumsi roti dan dan bubur jagung karena itu juga baik untuk ksehatan jantung.

2. Buah jeruk.
Buah jeruk merupakan buah yang bisa kita dapatkan dimana saja dan kapan saja selain rasanya enak buah jeruk juga kaya manfaat yang dapat memberikan efek baik bagi kesehatan. Buah jeruk juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung karena didalam jeruk terdapat vitamin C dan flavonoid yang dapat menjaga kita dari stroke iskemik. Pilihlah jus jeruk yang alami atau paling tidak buatlah sendiri di rumah karena banyak sekali produk jus jeruk yang banyak mengandung gula buatan.



3. Kentang.
Kentang banyak mengandung kalium yang dapat menurunkan  tekanan darah, kentang juga jenis makanan yang kaya akan serat yang bisa menjaga kita dari penyakit jantung, dengan catatan kentang yang anda konsumsi tidak dimasak dengan cara digoreng, memang rasa kentang goreng jauh lebih enak namun karena proses penggorengan inilah yang akan menghilangkan manfaat dari si kentang.

4. Kedelai.
Makanan berbahan dasar kedelai juga baik untuk menjaga kesehatan jantung karena dalam kedelai banyak mengandung protein, serat, vitamin, mineral serta kandungan lemak tak jenuh yang memang baik untuk melaksanakan progam diet baik untuk diet rendah lemak maupun diet karbohidrat tinggi. Protein kedelai dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Ikan salmon.
kandungan lemak sehat, asam lemak omega-3 pada ikan salmon dapat menurunkan resiko denyut jantung yang tidak teratur dan aterosklerosis plak yang berkembang di arteri.

6. Blueberry.
Segala jenis buah berry baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Blueberry da stowberry dapat dikonsumsi 3 porsi dalam seminggu hal itu dapat memberikan manfaat bagi jantung anda karena dapat merendahkan resiko serangan jantung.

7. Kacang.
 Jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, walnut, dan pistachio baik untuk kesehatan jantung, karena kacang tadi merupakan makanan berserat dan mengandung vitamin E yang mampu mengusir kolesterol jahat penyebab penyakit jantung.

8. Dark chocolate.
Dark chocolate mengandung banyak falvonois atau polifenol yang mampu menurunkan tekanan darah, pembekuan, serta peradangan. Jika kita mengkonsumsi dark chocolate ini dapat melindungi anda dari serangan jantung nonfatal dan stroke.


Tentunya kita semua menginginkan yang terbaik untuk jantung kita, maka lindungilah kesehatan jantung kita dengan banyak mengkonsumsi makanan yang memang mampu melindungi jantung kita. Ingat bahwa penyakit jantung adalah musuh bagi kita semua.