Sayuran untuk Menyembuhkan Mata Minus

Konsumsi sayuran untuk kesehatan mata memang sering kali dibutuhkan, terlebih lagi dengan perkembangan tekonologi seperti sekarang. Pasalnya, dengan perkembangan gadget dan layar monitor yang ada sekarang, bukan tidak mungkin mata Anda akan lebih cepat lelah, perih dan berujung menjadi mata minus.

Pencegahan sendiri memang bisa dilakukan dengan mengurangi aktivitas mata. Tapi hal itu tidaklah cukup. Pasalnya, tanpa asupan nutrisi yang cukup, tetap saja mata minus Anda akan menjadi lebih parah. Untuk itulah, mengonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata.

sayur wortel untuk menyembuhkan mata minus - menjadi sehat
 
Pada dasarnya, buah dan sayur untuk kesehatan mata sendiri sangatlah banyak. Dari beberapa jenis sayuran untuk menyembuhkan mata minus yang ada, Anda bisa mengonsumsi beberapa saja yang Anda suka. Jenis sayur-sayuran tersebut umumnya dijual di pasar tradisional maupun modern. Harga sayurnya pun bervariasi, mulai dari Rp 3.000,- sampai dengan puluhan ribu rupiah.

Biasanya, sayuran ini digunakan sebagai bahan masakan, seperti sayur sop, tumis, atau pun yang lainnya. Di samping digunakan sebagai bahan masakan, beberapa di antaranya juga sering diolah menjadi jus. Namun, baik olahan jus atau pun masakan, keduanya sama memiliki manfaat yang baik untuk mengobati mata minus.

5 Sayuran untuk Menyembuhkan Mata Minus

Berikut adalah beberapa jenis sayur yang baik dikonsumsi untuk mengurangi mata minus dan bahkan menyembuhkan mata minus:

1. Wortel

Siapa yang tidak kenal dengan wortel? Jenis umbi ini memang sudah sejak dahulu diyakini bisa menyehatkan mata, serta mengobati penyakit mata minus. Hal tersebut karena kandungan vitamin A dalam wortel sendiri cukup besar, yaitu sekitar 16.705 IU per 100 gram wortel. Jumlah tersebut senilai dengan 334% DV dari total kebutuhan vitamin A pada tubuh manusia.

Wortel 5 sayuran untuk menyembuhkan mata minus - menjadi sehat

Anda bisa mengolah wortel menjadi beragam olahan, dari mulai olahan jus, sayur sop, dan beberapa olahan lainnya. Selain vitamin A, dalam wortel juga ada beta karoten yang berguna untuk mengurangi minus mata dan mencegah penuaan dini pada kulit.

2. Bayam

Sayuran yang baik untuk kesehatan mata ini cenderung disukai oleh pecinta sop. Alasannya, bayam sendiri lebih sering diolah menjadi sop ketimbang olahan yang lain. Selain lebih nikmat, olahan ini cenderung lebih disukai banyak orang, termasuk anak-anak.

Bayam 5 sayuran untuk mengobati mata minus - menjadi sehat

Bayam sendiri kaya akan vitamin A. Dalam 100 gram bayam, Anda akan mendapati sedikitnya 2.464 IU vitamin A. Jumlah tersebut sudah mencukupi sekitar 49% angka kebutuhan vitamin A pada tubuh manusia dewasa.

3. Sawi

Sawi sendiri termasuk dalam golongan kubis. Biasanya, orang-orang cenderung menggunakan sayuran ini untuk keperluan memasak, seperti bahan tambahan masakan atau pun semacamnya. Di samping nikmat, sawi pun tergolong jenis sayur yang bernutrisi, terlebih lagi untuk kesehatan mata.

Sawi 5 sayuran untuk menyembuhkan mata minus - menjadi sehat

Ya, jenis sayuran untuk pengobatan mata minus ini memiliki sekitar 9.760 IU vitamin A. Jumlah tersebut bisa Anda dapatkan pada setiap 50 gram sawi. Dengan jumlah tersebut, bukan tidak mungkin mata minus Anda akan sembuh dan sehat setelah rajin mengkonsumsi jenis sayuran yang satu ini.

4. Lobak Hijau

Salah satu jenis lobak ini terkenal memiliki rasa yang nikmat, apalagi jika diolah menjadi beragam masakan Jepang. Oh ya, jenis sayuran ini memiliki akar dan bagian daun yang bisa diolah menjadi beragam masakan yang nikmat di Asia Timur, seperti Jepang, Korea, Tiongkok, dan sekitarnya.

Lobak Hijau 5 sayuran untuk menyembuhkan mata minus - menjadi sehat

Lobak hijau sendiri memang tergolong sayuran yang bernutrisi, terlebih lagi untuk mata minus. Pasalnya, kandungan vitamin A dalam sayuran untuk kesehatan mata ini cukup besar, yaitu sekitar 8.820 IU. Jumlah tersebut dinilai cukup untuk kebutuhan vitamin A per hari pada tubuh manusia dewasa.

5. Paprika Merah

Sayuran yang satu ini cenderung lebih sering diolah menjadi menu masakan tumisan, sop, dan salad. Di samping nikmat, dalam sayur ini juga terkandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, khususnya mata anda. Dan dari semua nutrisi yang ada, vitamin A adalah salah satu yang paling dominan. Kandungan vitamin A di dalam paprika merah sendiri sekitar 3.726 IU per 100 gram penyajian.

Paprika Merah 5 sayuran untuk mengurangi mata minus - menjadi sehat
Nah, itulah beberapa jenis sayur yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita mata minus. Dengan kandungan vitamin A yang banyak, niscaya mata minus Anda akan sembuh dan sehat setelah mengonsumsi sayuran untuk kesehatan mata di atas. Jadi, jika Anda ingin hidup sehat bebas dari mata minus, cobalah untuk mengkonsumsi kelima jenis sayuran di atas secara rutin dan teratur.
Salam Menjadi Sehat