Cara Mencegah dan Menghilangkan Jet Lag secara Alami

Jet lag artinya penat terbang, atau mabuk pasca terbang atau pasca perjalanan jauh, dalam bahasa medis disebut dengan nama desinkronosis. Jet lag merupakan keadaan ketika tubuh mengalami kelelahan dan gejala lain yang disebabkan oleh perjalanan tiba-tiba, di antara zona waktu yang cukup berbeda. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang atau akan bepergian jauh, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa cara alami untuk mencegah dan mengobati jet lag pada pembahasan di bawah ini.

1. Istirahat Sebelum Berangkat Perjalanan
Mengantisipasi jet lag merupakan cara terbaik yang sebaiknya anda lakukan. Karena bisa jadi, ketika sudah terjadi jet lag, kita bingung harus berbuat apa. Untuk itu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan istirahat yang cukup. Tidur sebelum berangkat perjalanan akan membuat tubuh lebih mudah membiasakan diri dalam perpindahan zona tempat dan waktu.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Jet Lag secara Alami-Menjadi Sehat

2. Tidur di Pesawat (Kendaraan)
Tidur di dalam pesawat bukan hal yang mudah. Lebih-lebih bila kita tidak mengantuk. Namun begitu, jika bisa, usahakanlah untuk tidur. Misalnya Anda bisa menggunakan bantal dan selimut untuk membantu membuat Anda merasa nyaman. Anda juga bisa menggunakan obat tidur dosis rendah bila perlukan.
Anda juga sebaiknya menggunakan waktu tidur siang dengan bijak. Tidur siang bisa jadi baik, bisa pula jadi buruk ketika Anda sedang dalam keadaan jet lag, karena bisa saja pada malam harinya Anda menderita kembali karena tidak bisa tidur.

3. Gunakan Minyak Lavender
Minyak lavender dipercaya bisa meningkatkan efektivitas tidur dengan lebih alami, daripada mengkonsumsi obat tidur. Untuk cara penggunaannya pun mudah. Anda hanya perlu menaburkan sedikit minyak lavender ke bantal tempat Anda tidur. Dengan cara ini, Anda bukan saja dapat tidur dalam keadaan jet lag, namun juga dapat tidur dalam keadaan nyaman dan nyenyak akibat aroma lavender.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Jet Lag secara Alami-Menjadi Sehat

4. Konsumsi Buah Nanas
Nanas mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Di antaranya adalah melatonin, yaitu hormon yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meregulasi siklus tidur dan ritme sirkadian (jam alami tubuh). Ketika mengalami jet lag, hormon ini sulit untuk terlepas. Untuk itu, di sini buah nanas bisa membantu/berperan dalam meningkatkan efektifitas produksi hormon melatonin. Selain nanas, buah jeruk juga dapat Anda coba.

5. Hindari Kafein
Kafein, misalnya dari mengkonsumsi kopi mungkin dapat membuat lelah Anda cepat menghilang. Namun sebenarnya kafein bisa memperparah jet lag yang anda alami. Oleh sebab itu, cobalah untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein selama perjalanan jauh.

Cara Menyembuhkan dan Menghilangkan Jet Lag secara Alami-Menjadi Sehat

6. Rutin Mengonsumsi Air Putih
Cara alami mengatasi jet lag selanjutnya adalah dengan tidak meninggalkan/mengurangi asupan air putih. Ketika tubuh mengalami dehidrasi karena kekurangan air, kondisi jet lag akan semakin parah. Bahkan tubuh Anda akan mengalami kekurangan energi, sehingga akhirnya fungsi kognitif menurun. Gejala jet lag, seperti sensasi tubuh yang tidak nyaman juga akan muncul kembali. Oleh sebab itu, rutinlah mengkonsumsi air putih ketika di pesawat/perjalanan jauh.

Obat Untuk Mencegah dan Menghilangkan Jet Lag secara Alami-Menjadi Sehat

Selain mengkonsumsi air putih, Anda juga sebaiknya mengkonsumsi makanan ringan di sela-sela jam makan pokok. Dengan cara ini, Anda tidak akan merasa begitu berat karena perubahan waktu makan. Karena tidak sedikit orang yang tidak bisa makan setelah bepergian jauh, karena zona waktu yang dirasa berubah-ubah.

7. Tetap Berpikir Positif
Pikiran Anda sangat mempengaruhi apakah Anda akan terkena jet lag atau tidak. Oleh sebab itu, sebelum pergi, ubahlah mindset negatif Anda menjadi lebih positif. Pikirkan bahwa perubahan zona waktu dan zona jam tidak akan mengubah kebiasaan Anda. Garis waktu yang berbeda tidak akan membuat Anda sulit tidur. Dengan cara ini, setidaknya Anda sendiri sudah berusaha melawan jet lag dari dalam diri Anda.

Cara Menghilangkan Jet Lag Beda Zona Waktu secara Alami-Menjadi Sehat

Kesimpulan
Perjalanan dengan zona waktu dan jam yang berbeda bisa mengganggu irama sirkandian (jam alami tubuh). Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mencoba beberapa Cara Mencegah dan Menghilangkan Jet Lag secara Alami di atas. Setidaknya Anda wajib melakukan sebagian cara di atas, khususnya tidur sebelum dan selama perjalanan. Sedangkan untuk obatnya sendiri, relatif tidak ada obat untuk jet lag, kecuali gejala jet lag yang berhubungan dengan masalah pencernaan.
Salam Menjadi Sehat.