Cara Menyembuhkan Depresi pada Diri Sendiri secara Alami

Depresi yang berkepanjangan bisa membuat sikap seseorang berubah dan bisa jadi sangat sulit untuk mengatasinya. Hal tersebut terjadi karena pasien akan merasa tidak berdaya. Oleh sebab itu, umumnya pelaku depresi dibiarkan saja hingga sembuh. Ada pula yang diberikan obat-obatan kimia. Selain itu, sebenarnya ada banyak cara alami untuk mengatasi depresi yang bisa dilakukan, baik depresi ringan, berat, atau akut. Misalnya saja yang ada pada daftar di bawah ini.

Cara Menyembuhkan Depresi pada Diri Sendiri secara Alami-Menjadi Sehat

1. Lakukan Rutinitas Positif
Jika Anda sedang depresi, Anda harus mulai beraktifitas. Buatlah suatu tujuan kegiatan yang harus Anda lakukan selama 1 hari sampai 1 minggu. Dari mulai kegiatan yang kecil hingga yang kompleks. Misalnya dimulai dari memasak, mencuci piring, membersihkan rumah setiap hari. Rutinitas seperti ini akan membuat depresi yang diderita berangsur-angsur menghilang tanpa obat.

2. Konsumsi Makanan Sehat
Tidak ada makanan khusus untuk penderita depresi. Namun makanan bergizi selayaknya dikonsumsi rutin oleh orang yang sedang depresi. Selain itu, perhatikan bila depresi membuat Anda banyak makan, maka hindari makanan yang tidak sehat dan ubah menjadi cemilan bergizi, seperti mengonsumsi salad dan buah-buahan.

Ciri-ciri depresi pada Diri Sendiri-Menjadi Sehat

Dari hasil penelitian sendiri, tidak ada senyawa khusus yang diperlukan untuk mengatasi depresi. Namun ada bukti mengenai makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 (semisal tuna dan salmon), serta makanan tinggi asam folat (semisal alpukat dan bayam) dipercaya bisa meringankan gejala depresi.

3. Berolahraga
Olahraga dapat membantu tubuh melepaskan endorphin, senyawa kimia yang dapat meningkatkan perasaan baik pada seseorang, sehingga cocok untuk mengatasi depresi. Intensitas dan jenis dari olahraganya sendiri bermacam-macam. Misalnya saja yang termudah adalah berjalan atau lari-lari kecil dengan intensitas beberapa kali dalam seminggu.

Mengobati Depresi ringan pada Diri Sendiri secara Alami-Menjadi Sehat

4. Tidur Teratur
Kurang tidur dapat menimbulkan depresi dan sebaliknya pula, depresi dapat menyebabkan sulit tidur. Oleh sebab itu, dibutuhkan usaha untuk bisa tidur dengan teratur. Anda harus bisa melakukan manajemen waktu tidur, baik siang maupun malam hari. Untuk membantu agar mudah tidur, cobalah untuk menghindari menonton TV dan buat suasana tempat tidur lebih nyaman dan harum.

5. Lakukan Sesuatu yang Baru
Depresi bisa muncul karena kejenuhan dan kebosanan. Untuk itu, mungkin saja pasien depresi sangat membutuhkan sesuatu yang baru, entah itu teman, lingkungan, pekerjaan, atau selainnya. Dengan memunculkan suasana yang baru, dia tidak akan merasa tertekan, hingga akhirnya pikirannya tidak lagi merasa terpuruk. Bahkan hal ini juga diteliti dan menghasilkan kesimpulan yang menarik, yaitu senyawa kimia “dopamine” yang memberikan kesenangan dan kenikmatan muncul setelah seseorang mencoba sesuatu yang baru.

Cara Mengatasi Depresi Akut pada Diri Sendiri secara Alami-Menjadi Sehat

6. Cobalah Bersenang-senang
Cara alami mengatasi depresi selanjutnya adalah mencoba mengambil libur, bersenang-senang bersama keluarga, teman, ataupun pasangan, serta pergi ke suatu tempat yang jauh dari hal-hal yang dapat membuat depresi. Seperti yang kita tahu, depresi membuat tubuh dan jiwa tertekan. Untuk itu, dibutuhkan sesuatu yang menyenangkan agar tekanan tersebut dapat terlepas.
Anda bisa mengambil liburan bersama orang yang dicintai. Sesekali bersenang-senang di antara pekerjaan juga baik. Jangan membuat hari terasa membosankan dan kaku. Terlebih bila bekerja bersama teman-teman yang menarik.

7. Konsumsi Suplemen
Menurut ahli, depresi bisa diatasi dengan mengonsumsi suplemen, terutama suplemen organik yang mengandung asam folat dan minyak ikan. Meski begitu, penelitian mengenai hal ini masih harus dibuktikan lebih jauh. Untuk itu, lakukanlah konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

Cara Menyembuhkan Depresi berat tanpa obat-Menjadi Sehat

Kesimpulan
Depresi memang bermain di dalam ranah pikiran. Tidak seperti cidera atau gatal, depresi tidak bisa diraba dan dilihat. Oleh sebab itu, butuh usaha dari diri sendiri untuk mengenali penyebab depresi dan mengatasinya.
Semoga Cara Menyembuhkan Depresi pada Diri Sendiri secara Alami di atas bisa menjadi solusi bagi Anda yang selama ini terus-menerus diliputi oleh perasaan depresi yang bertubi-tubi.
Salam Menjadi Sehat.